Senin, 28 Mei 2012

PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI Peralatan Teknologi Informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak. Yang termasuk peralatan teknolgi Informasi adalah: 1.Cash Register. yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir. 2. Kalkulator. Yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka. 3. Komputer yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi. 4. Laptop /Notebook Yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterrai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik. 5.Deskbook Yaitu peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan Monitor sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung. Karena belum dilengkapi batterai. 6. Personal Digital Assistant (PDA) / Komputer genggam Yaitu peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan saku, tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone) 7.Kamus Elektronik yaitu perlatan elektronik yang digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa 8.MP4 Player yaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game. 9.Kamera digital yaitu perlatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk. 10.Alqur’an Digital yaitu Perlatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Alqur’an yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara. 11.Flash disk yaitu media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak. 12.MP3 Player yaitu Perlatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio. 13.Televisi Yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung . 14.Radio Yaitu Perlatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan. 15. Koran Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari. 16.Majalah Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan. PERALATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI 1.Telephone yaitu Peralatan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara . Telephone ada tiga macam. a.Fixphone (deskphone)yaitu alat komunikasi yang berbentuk Pesawat Sambungan Tekan Nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempat yang tidak ada kabel jaringannya. Contoh jenis telphone ini adalah telpone yang dipakai dirumah-rumah atau kantor menggunakan kabel telkom. b.Phone Celluler. Yaitu alat komunikasi tanpa kabel yang berupa pesawat celuler yang bentuknya cukup kecil yang dapat dibawa pergi sampai keluar kota. Pesawat celluler ini harus menggunakan kartu jaringan agar dapat digunakan .sering disebut dengan handphone karena pesawat ini digunakan cukup ditaruh ditangan . contoh Telephone jenis ini ada 2 macam, yaitu GSM seperti Mentari Simpati,Xl, Matrik,dan CDMA seperti Flexi, Fren, Esia, Starone,Ceria adapun merek-merek yang sering digunakan adalah Nokia, Siemens, Samsung, Sony Ericsson, dll. c.Fixphone celluler (wirless deskphone) Yaitu perlatan komunikasi yang berbentuk telphone duduk tanpa kabel yang dapat dipindah ketempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia. 2.Faximile(fotocopy jarak jauh) Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alaat tersebut melalui sambungan telephone. Contoh merek : Brother: Canon, HP, Epson dll. 3.Telegraph Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. peralatan ini cikal bakal teknologi modern 4.Pager (Penyeranta) Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel. 5.Walky talky yaitu peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif ,namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama. Komunikasi jenis ini sering dinamakan brik-brikan ,dan yang sering menggunakan komunikasi dengan alat ini adalah pihak kepolisian dilapangan. 6.Internet Mesenger yaitu komunikasi antara satu orang dengan orang lain menggunakan teks, suara atau video dengan komputer, komunikasi jenis ini dapat dilakukan dengan satu orang atau beberapa orang sekaligus (confenece) .komunikasi jenis ini selain menggunakan teks (chatting) tetapi juga dapat menggunakan suara (voice) bahkan sekarang dapat juga menggunakan streaming (Messenger dengan webcam). 7. Email yaiitu Media komunikasi yang digunakan untuk berkirim surat atau data melalui internet .Komunikasi melalui email lebih efisien selain tidak perlu membayar proses pengirimannya sangat cepat sampai. Contoh Perusahaan pembuat email: yahoo, plasa, hotmail, gmail, mailcity dll. 8.Surat POS yaitu: Media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos, biasanya pengiriman pos memakan waktu yang lebih lama, karena pengirim harus mengetahui alamat surat dengan jelas. Media Cetak Media cetak biasanya mempunyai jenis berupa surat kabar, majalah, dan media lainnya yang yang pembuatannya memakai tehnik cetak mencetak, contoh : poster, flyer, leaflet, pamlet dan selebaran-selebaran lainnya. Surat kabar merupakan media utama yang digunakan dalam periklanan di Indonesia, hal ini karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti : a) Jangkauan distribusi surat kabar tidak dibatasi. b) Jangkauan media lainnya, radio dan televisi dibatasi. c) Harga satuan surat kabar murah dan dapat dibeli secara eceran. Selain itu surat kabar mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya : a) Market coverage yaitu surat kabar dapat menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya (nasional, regional, atau lokal). b) Comparison shoping ( catalog value ) yaitu keuntungan kedua menyangkut kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu berbelanja. Informasi sekelebat yang diberikan oleh radio dan televisi, dimuat secara tertulis pada surat kabar yang dapat dibawa kemana-mana. c) Positive consumer attitudes yaitu konsumen umumnya memandang surat kabar memuat hal-hal aktual yang perlu segera diketahui khalayak pembacanya. d) Flexibility yaitu pengiklan dapat bebas memilih pasar mana ( dalam cakupan geografis ) yang akan diprioritaskan. Dengan demikian ia dapat memilih media mana yang cocok. Kecuali pada surat kabar nasional yang biasanya harus dilakukan pemesanan enam bulan sebelumnya, koran-koran lokal umumnya sangat fleksibel dalam memuat iklan, baik permintaan mendadak yang berkaitan dengan ukuran, frekuensi pemuatan, maupun penggunaan warna ( spot colour atau full colour ). Berbeda dengan majalah yang cenderung dibaca oleh masyarakat golongan menengah keatas dan biasanya media ini lebih banyak menyajikan iklan dengan tema keluarga atau gangguan dalam pekerjaan yang perlu diatasi. Oleh karena itu majalah juga mempunyai kelebihan tersendiri sebagai media untuk beriklan dan berpromosi, antara lain : a) Khalayak sasaran yaitu salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi. Pada masa mendatang majalh-majalah special interest akan mempunyai peranan yang penting dan akan sangat disukai sebagai media periklanan karena dianggap memiliki captive market. b) Penerimaan khalayak yaitu kemampuannya mengangkat produk-produk yang di iklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan. c) Long life span yaitu majalah adalah media yang memiliki usia edar paling panjang dari seluruh media yang ada. Selain itu majalah yang dimiliki oleh khalayak umumnya disimpan hingga bertahun-tahun sebagai referensi. d) Kualitas visual yaitu kualitas visual majalah sangat prima karena umumnya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi. Dengan demikian kebanyakan majalah dapat menyajikan tata warna, reproduksi foto baik hitam putih maupun berwarna dengan sangat baik. Kualitas produksi seperti ini mencerminkan kehebatan isi editorialnya. Cerita-cerita fiksi dan features selalu ditulis oleh penulis kenamaan yang mampu menggugah emosi pembaca. e) Promosi penjualan yaitu majalah adalah media yang efektif untuk menyiarkan pesan iklan yang berbau promosi penjualan seperti kupon-kupon yang akan diundi, contoh-contoh produk, dan kartu-kartu petunjuk. Iklan media cetak adalah merupakan bentuk visual yang terdiri dari unsur-unsur berupa garis, bidang, warna, gambar, foto dan teks, yang menyatu dalam suatu bentuk komposisi yang mempunyai nilai artistik, menarik dan dinamis. Hal tersebut kemudian bisa dijabarkan secara lebih detail sebagai berikut : Naskah Naskah merupakan suatu bentuk ukuran tentang produk atau jasa yang berisi gagasan atau ide utama dalam iklan dari suatu proses layout iklan, dan mempunyai elemen-elemen seperti : a) Headline Adalah merupakan judul atau kepala tulisan iklan, dan merupakan bagian terpenting dalam iklan media cetak, berdasarkan : b) Identification headline, yaitu dalam penerapannya langsung menyebutkan identitas, nama, merk dan produk c) Advice of benefit headline, yaitu memberikan janji, nasehat, manfaat dan menerangkan tentang kelebihan dan keunggulan produk secara langsung. d) Information or news hedline, yaitu berisi berita dan informasi tentang suatu produk. e) Selective headline, adalah penawaran secara langsung yang akan ditujukan kepada konsumen khusus, yang menjadi tujuan pesannya. f) Command headline, yaitu isinya bersifat anjuran atau perintah kepada calon konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh produsen. g) Question headline, yaitu judul yang dikemukakan dengan gaya bertanya atau berupa pertentangan kepada konsumennya. h) Curioucity or provocative headline, adalah cara untuk membangkitkan suasana kecemasan dan ketakutan pada diri pemirsanya, serta juga mengundang keingintahuan pemirsa terhadap apa yang disampaikan. i) Boast headline, adalah sifatnya yang membesar-besarkan atau melebih-lebihkan keunggulan suatu produk. Sebuah headline dapat dibuat lebih mudah terbaca, menarik perhatian, dan berpengaruh bila cermat dalam menyusun layout iklan, contohnya sebuah judul yang panjang dapat dipisahkan atau disusun. Teks Iklan Teks adalah isi iklan, terdiri dari head line, sub judul, harga, nama pengiklan (produsen), serta strapline atau signature slogan. Signature slogan atau strapline merupakan baris penutup (the pay-off line), dan dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra produk. Sebagai mana adanya bermacam-macam headline yang dapat kita pilih, demikian pula dengan cara penulisan teks iklan : a. Emotional : Kebutuhan emotional adalah dasar dari penampilan diri (self assertion), cinta kasih, seks, persahabatan, (companionship), pemeliharaan diri (self preservation), agar memiliki rasa ingin tahu, keamanan, dan kenyamanan. b. Factual hard selling : Merupakan iklan yang khas, tertib mengikuti, dan menerapkan lima point AIDCA. Bersifat kompetitif, persuasif, dan mendorong pembacanya untuk melekukan suatu tindakan. c. Faktual edukasional Ini adalah termasuk iklan hard selling, tetapi lebih bersifat informatif. d. Narasi Ini adalah merupakan teks iklan yang ditulis dengan gaya enak, akan tetapi hanya bisa digunakan untuk prestise saja. f. Prestise Ialah ditulis dengan menggunakan tehnik narasi. Biasanya ditujukan untuk pencapaian tujuan-tujuan kehumasan. g. Gambar serta keterangannya Dalam iklan jenis ini biasanya terdapat suatu seri gambar, foto atau image dengan keterangan tertera dibawahnya. Harga Konsumen biasanya berharap dicantumkannya harga, sehingga dapat menimbulkan daya tarik sesuai dengan kemampuan konsumen serta kuailitas produk atau jasa. Body copy Body copy mempunyai fungsi untuk memperjelas tentang produk serta memberitahukan secara lengkap tentang apa yang dijual, dan penjabaran-penjabaran mengenai kelebihan suatu produk, dan menggambarkan manfaat atau kenikmatan yang diperoleh serta ilustrasi atau gambar yang mendukungnya. Tipografi Adalah merupakan seni memilih jenis-jenis huruf dan ratusan jumlah rancangan, menggabungkannya dengan jenis huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan jumlah ruang yang tersedia dan menandai naskah untuk proses typesetting. Tipografi yang baik mengarah pada keterbacaan, kemenarikan, dan desain huruf tertentu dan dapat mencipatakan gaya ( style ) menjadi karakteristik subyek yang diiklankan. Slogan Slogan merupakan kalimat yang pada umumnya digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat sikap calon konsumen untuk memilih suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi kalimat atau kata-kata yang harus digunakan harus berbentuk sederhana dan mudah untuk diingat. Sub judul Sub judul sangat membantu terhadap desain dan tipografi iklan, jadi sub judul dapat menampilkan kekontrasan dan penekanan, karena dapat dicetak dengan jenis huruf yang berbeda. Kegunaannya adalah untuk : a) Menjaga kesan gerakan terhadap mata agar mata dapat terus membaca teks iklan. b) Menyediakan kekontrasan tipografi. c) Menekan nilai jual. d) Membagi iklan menjadi beberapa bagian. e) Menampung ketertarikan pembaca. f) Menjadikan iklan lebih menarik. Media cetak sebagai alat bantu menyampaikan pesan-pesan kesehatan sangat bervariasi, antara lain sebagai berikut: 1. Booklet ialah suatu media untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan dalam bentuk buku, baik berupa tulisan maupun gambar-gambar. 2. Leafleat, ialah bentuk penyampaian informasi atau pesan-pesan kesehatan melalui lembar yang dilipat. 3. Flyer (selebaran), ialah bentuk seperti leafleat tetapi tidak berlipat. 4. Flip chat (lembar balik), media penyampaian pesan atau informasi kesehatan dalam bentuk lembar balik, dan berisi gambar peragaan. 5. Rubrik atau tulisan. Tulisan pada surat kabar atau majalah yang membahas suatu masalah kesehatan, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan. 6. Poster, ialah bentuk media cetak yang berisi pesan atau informasi kesehatan yang biasanya ditempel di tembok-tembok ditempat-tempat umum, atau di kendaraan umum. 7. Foto, yang mengungkapkan informasi kesehatan. - Media Elektronik Media ini sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan atau informasi kesehatan berbeda-beda jenisnya, antara lain : 1) Televisi 2) Radio 3) Video 4) Slide 5) Film Strip. media Media adalah wadah untuk menempatkan sesuatu. Dalam bidang komunikasi, media berarti sebuah alat yang menjadi perantara dalam menyampaikan sebuah komunikasi. 1. Media Massa Bagi masyarakat sekarang, keberadaan media massa sudah menjadi kebutuhan hidup, kecuali mungkin bagi masyarakat suku terasing yang belum atau sulit dijangkau oleh media massa. Kebutuhan media massa bagi masyarakat selain untuk berbagi informasi dari berbagai belahan dunia juga sebagai media hiburan. Tidak semua media komunikasi bisa disebut sebagai media massa meskipun dengan alat-alat seperti telepon kita bisa saling berhubungan. Karena sebuah media yang disebut sebagai media massa harus memiliki syarat selain dikelola secara profesional juga ditujukan untuk mencari keuntungan. 1.1. Media Cetak Media cetak adalah media yang penayangannya melalui proses cetak. Media cetak merupakan media tertua yang ada di muka bumi. Media cetak berawal dari media yang disebut dengan ActaDiurna dan Acta Senatus di kerajaan Romawi, kemudian berkembang pesat setelah Johannes Guttenberg menemukan mesin cetak, hingga kini sudah beragam bentuknya, sepeti surat kabar (koran), tabloid, dan majalah. Surat kabar pertama kali diterbitkan di Boston, Amerika Serikat pada tahun 1690 oleh Benjamin Haris. Kejadian ini sampai juga beritanya ke Batavia sehingga memunculkan ide untuk membuat sebuah surat kabar di Batavia. Setelah diajukan pada tanggal 7 Agustus 1744, izin penerbitan surat kabar pertama dikeluarkan oleh Gubernur Jendral VOC saat itu, Willem Baron van Imhoff. Lambatnya proses perizinan ini karena pemerintah Belanda merasa tidak nyaman dengan kritik yang dikhawatirkan akan dilontarkan oleh surat kabar ini dalam pemberitaannya nanti. Bataviasche Nouvelles, surat kabar yang pertama kali terbit di Indonesia hanya memuat berita-berita ringan, seperti mutasi pejabat VOC, kapal dagang yang sandar di pelabuhan, berita perkawinan, kelahiran, kematian dengan pembaca yang terbatas pada kalangan masyarakat Belanda saja. 1.2. Media elektronik Disebut media elektronik karena penayangannya dibantu dengan perangkat elektronik, seperti radio dan televisi. Perkembangan tehnologi moderen berhasil memadukan konsep media cetak berupa penulisan naskah dengan suara (radio) yang kemudian lebih berkembang lagi dengan ditemukannya televisi. Jadi yang kemudian disebut dengan media elektronik adalah radio dan televisi. 1.3. Media Maya (cyber) Media maya hadir karena bantuan dari jaringan internet/maya. Media maya merupakan perkembangan baru dari tehnologi informasi saat ini. Sepintas mirip dengan` media elektronik. Namun para pakar memisahkannya dalam kelompok tersendiri. Karena dengan media ini seseorang dapat berhubungan dengan komunikasi personal yang terkesan perorangan. A. Definisi Internet Internet adalah sebuah jaringan komputer yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berhubungan dengan perantara media komputer. B. Sejarah Singkat Awalnya internet dibuat untuk keperluan berkomunikasi oleh Departemen Pertahanan AS dengan para ilmuwan dari berbagai universitas di seluruh dunia. Namun pada perkembangannya internet kemudian diluncurkan untuk dapat digunakan secara bebas oleh masyarakat luas untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi. 1.4. Website Perkembangan tehnologi komunikasi saat ini begitu pesat. Dengan berbagai cara dan alat kita dapat melakukan komunikasi di manapun dengan mudah menggunakan berbagai cara yang tersedia. Telepon selular sudah menjadi hal yang biasa dimiliki oleh setiap orang saat ini. Penggunaan situs sebagai alat komunikasi juga banyak digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil, bahkan oleh perorangan. Sedemikian pesatnya penggunaan internet sampai dijadikan salah satu fitur yang diunggulkan pada telepon seluler. A. Definisi Website Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (Consei European pour la Recherce Nuclaire), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Dibangun dengan tujuan membantu para fisikawan dalam berbagi informasi dan bekerja sama dengan berbagai penelitiannya. B. Sejarah Singkat Tim Berner-Lee seorang ilmuwan yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa (Consei European pour la Recherce Nuclaire - CERN) di Jenewa, Swiss mengajukan protokol (tata cara untuk berkomunikasi) sistem distribusi internet yang digunakan oleh para ilmuwan untuk berbagi informasi. Protokol ini yang kemudian dikenal dengan World Wide Web, kemudian protokol ini dikembangkan oleh konsorsium yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang digunakan oleh web, yaitu World wide web Consortium (W3C). Perkembangan penggunaan web oleh publik sangat cepat. Dari 130 server web di tahun 1993 meningkat menjadi 2.738 pada tahun berikutnya dan pada bulan Juni 1995 bertambah lagi menjadi 23.500 server web. 2. Karakteristik Media Setiap media yang kita pakai memiliki ciri khas atau karateristiknya masing-masing. Dari karakteristik inilah biasanya kita menentukan pilihan pada satu media untuk kita gunakan. Yang menjadi kecenderungan pemilihan umumnya adalah kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dengan pertimbangan terhadap kelemahan yang dimiliki media terkait. 2.1 Kelebihan Media Massa A. Radio Kelebihan yang dimiliki oleh radio cukup banyak, proses penyampaian informasi oleh radio merupakan yang tercepat dibandingkan dengan televisi ataupun Koran. Bahkan pada saat sekarang ini sebuah berita dapat langsung disiarkan dari telepon selular. Umumnya orang mendengarkan radio secara individual, sehingga membuat radio menjadi sebuah perangkat yang sangat akrab dengan pendengarnya. Biasanya penyiar berbicara dengan bahasa yang langsung menyentuh secara pribadi (interpersonal communication) membuat pendengar merasa lebih dekat dengan penyiar. Kata-kata penyiar juga dapat mempengaruhi emosi para pendengarnya, membuat pendengar merasa penyiar adalah teman baginya. Dibandingkan dengan media lain, proses penyiaran radio lebih mudah. Pendengarpun hanya perlu menghidupkan dan mencari saluran yang diinginkan. Batas-batas geografis, demograis, SARA, dan kelas ekonomi juga dapat ditembus oleh siaran radio. Kecuali bagi penderita tuna rungu, siaran radio bisa dikatakan sudah dimiliki oleh mayoritas penduduk dunia. Jika dibandingkan dengan televisi harga radio lebih murah. Tidak perlu berlangganan dan bebas dari pajak. Radio memiliki kesementaraan alami (transient nature) atau kemampuan untuk mengulang siaran yang disampaikan dengan cepat. Saat menikmati siaran radio, kita tidak perlu berada di depan radio. Kita bisa menikmanya sambil beraktifitas. B. Televisi Siaran televisi dan radio memiliki banyak kesamaan, seperti cepat dan langsung, mudah, tanpa batas, dan akrab. Radio dan televisi dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang hanya dengan sekali membeli saja. Namun menurut Mondry (2006), televisi sebagai media dengan tehnologi yang lebih canggih memiliki beberapa keunggulan lain dibandingkan radio, yaitu: • Lebih “hidup” Dengan adanya gambar (visual) televisi dapat memberi informasi yang lebih mudah untuk dimengerti oleh pemirsanya dan membuat siaran menjadi lebih “hidup”. • Lebih “dekat” Pemirsa televisi akan merasa lebih “dekat” dengan visualisasi yang ditampilkan, baik tehadap lokasi peristiwa maupun dengan perasaan dari informasi yang disampaikan tanpa harus ada informasi tambahan. C. Media Cetak Kelebihan media cetak terletak pada “daya tahan” informasinya. Dengan hasil cetakan yang permanen para pembacanya dapat menyimpan dan mengulang bacaannya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan dan dapat dilakukan kapanpun yang dia mau. Surat kabar harian juga memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi secara berkesinambungan. D. Media Maya Informasi yang disampaikan media maya lebih personal, dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Media ini juga dilengkapi dengan pencarian dan pengarsipan berita yang dapat diakses dengan mudah. 2.2. Kelemahan Media Massa A. Radio Pada radio, selain beritanya disampaikan secara global (tidak rinci), siaran yang disampaikan juga cepat hilang, selain itu pendengar juga tidak dapat mengulang berita yang sudah disampaikan oleh penyiar radio. Batasan waktu siaran yang hanya 24 jam sehari tidak dapat ditambah, artinya pendengar mungkin saja tidak akan mendapatkan berita yang pernah disiarkan sebelumnya, apalagi program yang dinikmati pendengar sudah tersaji dalam sebuah urutan yang tetap dan tidak dapat dirubah oleh pendengar. Siaran radio juga seringkali terjadi gangguan dalam menyiarkan berita, seperti timbul tenggelam (fading) dan ganguan teknis channel noise factor, termasuk juga gangguan akibat pengaruh cuaca. Apa itu radio? Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi Bagaimana bentuk radio? Bentuk radio sangat beragam tapi secara sederhana bisa dibagi kedalam dua bagian besar. Pertama radio sebagai alat penerima informasi yang kedua radio sebagai pemberi informasi istilah yang baku untuk yang kedua ini adalah stasiun radio.Radio sebagai alat penerima informasi biasanya terdiri dari alat pengatur pencarian gelombang (tunning), pengatur keras suara (volume), antena penerima, sound, output dan input. Radio sebagai pemberi informasi atau stasiun radio adalah media tempat mengelola informasi yang menggunakan frekuensi sebagai media penyampaian informasinya. Dan inilah yang dimaksud dengan radio dalam materi kita ini. Radio yang dimaksud ini tentu punya beberapa karakter. Kita bisa membaginya pada dua karakter besar bila dilihat dari segi kekuatan dan kelemahannya. Kekuatan radio: Bersifat langsung, yakni pendengar bisa langsung mendengarkan informasi yang disiarkan. Detik itu kita bicara detik itu juga pendengar bisa mendengarkan apa yang kita bicarakan. Cepat, radio punya sifat cepat karena dia menggunakan ranah publik yakni frekuensi sebagai alat antar informasinya tidak seperti media cetak yang menggunakan kertas. Tanpa batas, radio punya karakter kekuatan seperti ini karena yang menjadi alat antar informasinya gelombang elektromagnetik yang bisa diakses atau didengarkan di mana saja dan kapan saja. Radio bisa didengarkan sambil menegerjakan pekerjaan yang lain radio pun karena menggunakan audio atau suara memudahkan orang-orang yang tidak dapat membaca untuk mendapatkan informasi. Murah, radio media komunikasi yang murah dibandingkan dengan media komunikasi-informasi lainnya. Radio cukup dengan sekali membangun stasiun yang bermodal rendah bisa dipakai bertahun-tahun media yang lain butuh ongkos produksi yang besar setiap menyampaikan informasi. Radio juga sangat pribadi yakni bisa membuat pendengar merasa akrab dengan penyampai informasi. KARAKTER RADIO • Radio adalah SUARA. • Radio adalah mass media yang paling mengena (digunakan oleh banyak orang). • Radio dapat memberikan gambaran kepada para pendengarnya. Anda tidak perlu belajar untuk mengerti/memahami cerita yang kita sajikan. Kita memiliki kesamaan dengan tradisi yang ada dalam menyajikan berita dibanding dengan cara kerja jurnalistik di media cetak. • Radio adalah alat yang akrab dengan pemiliknya. Anda jarang sekali duduk dalam satu grup dalam mendengarkan radio; tetapi biasanya mendengarkannya sendirian- di mobil, di dapur dan sebagainya. • Radio adalah alat yang hangat dalam kaitannya dengan emosi pendengar. Campuran dari kata – kata, musik dan efek suara yang mampu mempengaruhi emosi.pendengar. Pendengar akan bereaksi atas kehangatan suara pembawa berita dan seringkali berfikir bahwa broadcaster adalah seorang teman bagi mereka. • Radio adalah alat langsung. Radio dapat langsung membawa anda ke kejadian disekitar lingkungan anda ataupun dibagian lain di dunia, lebih cepat daripada koran ataupun TV. Radio yang disiarkan secara langsung dapat secara langsung memberikan informasi kepada anda tentang banjir, angin topan, kebakaran hutan, kemacetan lalu lintas ataupun berita politik lainnya. • Radio adalah alat yang ringkas. Hal ini membuat pemiliknya merasa memiliki kawan dimanapun ia berada. • Radio adalah alat yang cukup murah dan mudah. • Radio adalah alat yang fliksibel. Seorang reporter dengan alat perekamnya ataupun melalui telepon dapat secara langsung menyampaikan berita yang ada di lapangan. Seorang broadcaster di studio dengan microphone dan control panelnya akan membawakan program beritanya. • Radio dapat membidik sasaran yang tepat bagi pendengar tertentu dengan mengadakan program khususnya. • Radio dapat memberikan berbagai macam bentuk “suara” seperti halnya orang – orang di jalan, bincang – bincang dan sebagainya. RADIO KOMUNITAS = RADIO SWADAYA MASYARAKAT Apakah radio komunitas itu? menurut Luie N Tabing, stasiun radio komunitas atau radio swadaya masyarakat adalah suatu stasiun radio yang dioperasikan di suatu lingkungan atau wilayah atau daerah tertentu, yang diperuntukan khusu bagi warga setempat, yang berisikan acara dengan ciri utama informasi daerah (local content) setempat diolah dan dikelola oleh warga setempat. Lingkungan atau wilayah yang dimaksud bisa didasarkan atas faktor geografisnya (bisa dalam kategori teritori kota, desa, wilayah atau kepulauan). Tetapi, bisa juga kumpulan dari masyarakat tertentu tetapi dengan tujuan yang sama dan karenanya tidak perlu dengan persyaratan harus tinggal disuatu wialyah geografis tertentu. Radio komunitas atau radio swadaya masyarakat dimengerti sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang berpartisipasi secara aktif dalam memenej dan membuat program acara. Anggotanya terdiri dari komunitas individu dan badan-badan lokal lainnyasebagai sumber daya manusia yang utama didalam mendukung pengoperasian radio swadaya masyarakat. Radio komunitas biasanya menggunakan transmiter bertenaga rendah antara 20-100 watts, yang digabung dengan beberapa alat yang sesuai dengan kebutuhan untuk itu. Mengapa radio komunitas penting? Radio komunitas menjadi penting karena bisa memberikan akses informasi bagi masyarakat sebagaimana juga memebreikan mereka akses bagi pengetahuan tentang bagaimana cara berkomunikasi. Informasi terkini dan terperecaya dan memang relevan untuk disebarluaskan, dipertukarkan dan dilakukan secara kontinu. Masalah penting disuatu daerah bisa disiarkan lebih cepat. Masayarakat pendengar diberi kesempatan untuk mengepresikan diri mereka sendiri, baik dari sisi sosial, politik, budaya dan sebagainya. Dalam tataran yang demikian, maka sesungguhnya radio komunitas membantu menempatkan masyarakat untuk secara proaktif dan cerdas bertanggung jawab dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi secara mandiri. Bagaimana mengatur stasiun radio komunitas? Biasanya pengaturan radio komunitas ini dijalankan oleh suatu badan manajemen yang berorientasi multi sektoral, yang menangani pembuatan keputusan yang penting bagi stasiun tersebut. Selain itu, diperlukan staf sukarelawan yang terpilih (bisanaya oleh badan manajemen) dari beberapa orang yang b erkemauan dan memeiliki kemampuan. mereka inilah yang menangani pengoprasian radio itu dari hari ke hari dari stasiun tersebut. Dibawah kepemimpinan yang dipegang oleh Stasiun manager, mereka menyiapkjan program. Mereksa mengoprasikan peralatan. Mereka menangani kewajiban dibidang administrasi dari stasiun tersebut. Anggotanya adalah warga yang termotivasi untuk membantu dan memberikan kontribusinya dalam menjalankan beberapa tuga lainya dalam pengoprasian dari stasiun tersebut. Siapakah sumber pendukung radio komunitas? Sesungguhnya semua sumber daya yang ada didaerah tersebut adalah sumber pendukung radio komunitas. itu bisa individu-individu, badan-badan dan organisasi dalam komunitas itu sendiri diperlukan untuk mengoprasikan stasiun radio komunitas. Individu atau pribadi yang termotivasi bisa memberikan sumbangan pemikiran bagi stasiun tau pun yang lainnya. Ber4bagai cara sebnearnya bisa dilakukan terutama untuk mengumpulkan dana, undian berhadiah, menjual atensi, dll. Iklan dari badan penytelenggara dan sumbangan langsung juga dapat dirterima. Badan penyelenggara sepertihalnya sekolah, yayasan, koperasi, pemerintah setempat, organisasi keagamaan juga bisa menyediakan dukungan dalam bentuk lain baik insidental maupun mau secara kontinu. Bagaimana dukungan bagi stasiun radio komunitas dapat terjamin? Ada beberapa jaminan yang harus disiapkan, yaitu: • Biaya operasi yang sangat rendah, yang biasanya dengan membatasi pemakaian listrik di stasiun. • Stasiun radio dijalankan oleh sukarelawan yang mendapat (jika ada) honor yang minim • Manaja\emen dilatih mengfenai cara mengumpulkan dana dari sumber-sumber setempat melalui donasi, acara pengumpulan dana dan sebagainya. • Kebutuhan dan kepentingan yang utama dari arti komunikasi yang efektif disediakan oleh radio komunitas. Bagaimana menata bentuk radio komunitas? Dalam organisasi radio komunitas, penataan organisasi mulai dari pimpinan inti, inisiator sampai staf harus ditata seusai dengan fasilitas yang dimilki. Riset dan evaluasi termasuk riset dasar yang menunjukan dan menggambarkan bagaimana situasi social ekonomi dari lingkungan tersebut harus dibuat pada awal kegiatan proyek pendirian radio komunitas. Penilaian dan secara periodik dan pengawasan harus dilakukan pula. Demikian juga pengevaluasian harus dilaksanakan. Pelatihan dalam tiga kelompok warga perlu diberikan terutama mengenai kemampuan dasar tekhnisi, manajer inti dan pembuat program. dokumentasi yang dilakukan dengan cara berkomu iukasi seperti cerita, merupakan perhatian utama dari calon evaluator (pengamat), simulator dan pengangkat cerita untuk direkam, dalam bentuk cetak, film atau video, tentang perkembangan dalam radio komunitas. Apa perbedaan radio komunitas dengan radio lain? Radio Komunitas: Daerah: Terpencil/ pulau kecil Tujuan: Pengembangan pendidikan (apa yang baik bagi suatu komunitas) Pemilikan: Komunitas Manajemen: Badan Komunitas Media Jam Siaran: Pendek Staff Penyiar: Sukarela (biasanya Tidak dibayar) Transmitter: Kekuatan rendah (20-100 watts) Fasilitas: Amat biasa Sumber Dana: Bantuan dari komunitas Partisipasi Masyrakat: Pendonor Bentuk: Subsid Radio Utama: Daerah: Kota utama, Kota besar (Jumlah populasi besar) Tujuan: Keuntungan-keuntungan politik (Apa yang baik bagi pemilik) Pemilikan: Kapitalis/Pengusaha,Politikus,Sekolah dan Badan Keagamaan Manajemen: Direktur Jam Siaran: Ekstensif Staff Penyiar: Profesional (yang dibayar) Transmitter: 1 Kw – 5 Kw Fasilitas: Amat memuaskan Sumber Dana: Iklan Partisipasi Masyrakat: Minimal Bentuk: Terpaku pada usaha dan kepentingan politik B. Televisi Mirip dengan radio, media televisi juga memiliki kelemahan yang sama. Namun televisi memiliki kelemahan lain yang berhubungan dengan gangguan pada gambar, seperti bergaris-garis (flicker) atau bergelombang (wavy). C. Media Cetak Media cetak adalah media komunikasi dalam bentuk barang cetakan seperti koran, majalah, tabloid jurnal dan lain-lain. Sebagai sebuah perangkat informasi, media ini tergolong media yang tidak dapat langsung diterima beritanya karena hambatan periodesasi. Jadi berita yang diterima oleh masyarakat sangat bergantung dengan jadwal terbit dari media tersebut. Pembaca juga tidak dapat mengetahui secara langsung informasi yang disampaikan karena hanya mengandalkan naskah yang dicetak. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut media cetak biasanya juga menampilkan foto atau ilustrasi dari berita yang disampaikan. Informasi dari media harus didapat dengan cara membeli media setiap kali media ini tayang. Tidak ada orang yang menjadi pembaca berita atau penyiar kecuali diri kita sendiri membuat media ini jadi terasa kurang akrab dengan pembacanya. Hal lain yang menjadi kekurangan media ini adalah fleksibilitasnya dalam menghadirkan informasi bagi masyarakat. Media ini tidak dapat diterima informasinya sambil melakukan aktifitas lain, semua informasi harus didapat dengan cara membaca, membuat orang-orang yang ingin mendapatkan informasinya harus berdiam di suatu tempat dan waktu untuk membaca berita yang disajikan. D. Media Maya Kelemahan yang utama dari media maya adalah perlengkapan yang dibutuhkan dalam mengakses berita atau informasi. Hal yang lainnya adalah jaringan internet. Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak murah, begitu juga dengan jaringan internet yang harus dibayarkan. Tidak setiap orang memilki kemampuan dalam memanfaatkan media maya ini. Kemampuan yang dimaksud adalah dalam hal memiliki perlengkapan dan kemampuan dalam mengakses berita yang terdapat dalam situs. Selain itu tidak semua tempat memiliki jaringan internet untuk terhubung ke media maya. Peralatan Teknologi Informasi Peralatan Teknologi Informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak. Nama Peralatan Fungsi Televisi peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung. Radio Peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan. Koran media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari. Majalah media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan. Cash Register alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir. Kalkulator alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka. Komputer alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video dan animasi. Komputer mempunyai ukuran, kecepatan dan kemampuan yang berbeda-beda. Berdasarkan kriteria tersebut computer dapat di bedakan menjadi : Personal Komputer Yaitu Komputer yang ukurannya lebih kecil dan sering digunakan oleh orang. Super Komputer / Mainframe Yaitu Komputer paling canggih karena kemampuan dan kecepatannya untuk memecahkan persoalan-persoalan kompleks dan menangani lebih banyak informasi. Dedicated Computer Adalah Komputer yang di gunakan untuk Video Game. Umumnya sebuah Vodeo Game dilengkapi oleh joystick dan beberapa tombol. Embedded Computer Komputer yang berfungsi sebagai unit control yang membutuhkan pengendalian otomatis. Contoh penggunaan computer ini adalah Telepon, videotape recorder, AC, Robot, pengendali gerakan pesawat, dsb. Laptop komputer yang dapat di lipat dan dibawa-bawa (Mobile) karena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik. Deskbook komputer yang CPU nya menyatu dengan Monitor tetapi masih harus menggunakan listrik secara langsung. Kamus Elektronik peralatan elektronik yang digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa. Personal Digital Assistant alat yang manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, dan juga dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone). Kamera Digital peralatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk. MP3 Player Peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio. MP4 Player peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game. Flash Disk media penyimpanan data yang berbentuk universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak. Alquran Digital Peralatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Alqur’an yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara. LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor Alat penyampai informasi yang berguna untuk menampilakn informasi berupa gambar atau suara, dan digunakan untuk mempresentasikan informasi yang diperoleh dari computer/laptop. Peralatan Teknologi Komunikasi Peralatan Teknologi Komunikasi adalah peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain Nama Peralatan Fungsi Telegraf digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telepon. Telepon digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara Telepon ada tiga macam yaitu : a. Fixphone (deskphone) komunikasi dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempat yang tidak ada kabel jaringannya. Contoh nya adalah telpon rumah. b. Phone Celluler Yaitu alat komunikasi tanpa kabel berupa pesawat celluler yang bentuknya kecil dan dapat dibawa pergi sering disebut dengan handphone. Pesawat celluler ini harus menggunakan kartu jaringan agar dapat digunakan Contoh Telephone jenis ini ada 2 macam, yaitu GSM seperti Mentari Simpati,Xl, Matrik,dan CDMA seperti Flexi, Fren, Esia, Starone,Ceria . c. Fixphone celluler (wirless deskphone) peralatan komunikasi yang berbentuk telepon duduk tanpa kabel yang dapat dipindah ketempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia. Faksimile digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alat tersebut melalui sambungan telephone. Contoh merek : Brother, Canon, HP, Epson dll. Surat Pos alat komunikasi yang menggunakan surat. Pager (Penyeranta) digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel. Walky Talky peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Internet Messenger komunikasi antara satu orang atau beberapa orang dengan orang lain menggunakan teks (chatting), suara (voice) atau video dapat juga menggunakan streaming (Messenger dengan webcam) dengan komputer. Email media komunikasi yang digunakan untuk berkirim surat atau data melalui internet. Contoh Perusahaan pembuat email : yahoo, plasa, hotmail, gmail, mailcity dll. Satelit komunikasi Digunakan untuk telekomunikasi di bumi sebagai media perantara untuk televise dan radio. Modem Perangkat hardware yang dipasangkan pada komputer yang memungkinkan kita mengakses internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar